Find Us On Social Media :

5 Cara Rumahan dan Alami Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki

Kesemutan bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan. Namun kesemutan juga bisa diatasi dengan cara-cara alami dan rumahan.

GridHEALTH.id - Sering merasa sulit untuk duduk atau berdiri karena ada sensasi kesemutan di tangan dan kaki? Hal tersebut dapat mengganggu pergerakan dan membuat kita tidak akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. 

Lalu, bayangkan sedang tidur nyenyak di malam hari dan tiba-tiba terbangun dengan sensasi kesemutan di tangan dan kaki? Sangat membuat tidak nyaman, bukan?

Sensasi kesemutan yang dikenal sebagai sensasi kesemutan bisa menyakitkan dan mengganggu! Ini adalah kondisi yang disebut paresthesia yang dapat menyebabkan rasa terbakar atau kesemutan di tangan dan kaki.

Sebetulnya kesemutan bersifat sementara dan bisa hilang dengan pengobatan yang tepat. Tapi, jika berlangsung lebih lama maka itu bisa menunjukkan kondisi mendasar yang memerlukan pemeriksaan dari dokter.

Kita bisa menderita paresthesia sementara karena sirkulasi darah yang buruk dalam waktu lama atau karena tekanan pada saraf tertentu.

Sementara kesemutan yang berulangkali datang atau paresthesia kronis dapat disebabkan karena kerusakan saraf, penyakit hati dan ginjal, hipotiroidisme, stroke, trauma, cedera dan lain sebagainya.

Baca Juga: Fakta Kesemutan, Dari Salah Posisi Hingga Indikasi Penyakit Serius

Baca Juga: Sel T Bisa Mengenali Varian Virus Corona Sehingga Mampu Mencegah Keparahan Covid-19, Studi

Kita mungkin juga merasakan gejala seperti ketidaknyamanan, kedinginan, mati rasa dan kelemahan.