Find Us On Social Media :

Lebih Banyak Pria Menyandang Diabetes, Tetapi Risiko Kematian Akibat Diabetes Lebih Banyak Pada Wanita

Diabetes lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, tetapi wanita seringkali memiliki komplikasi yang lebih serius dan risiko kematian yang lebih besar.

GridHEALTH.id - Ratusan statistik dan puluhan penelitian tentang bagaimana perbedaan diabetes dan dampaknya pada pria dan wanita telah dibahas.

Namun hasilnya tetap sama, yaitu diabetes lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, tetapi wanita seringkali memiliki komplikasi yang lebih serius dan risiko kematian yang lebih besar.

Jutaan orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia. Federasi Diabetes Internasional (IDF) mencatat sekitar 463 juta orang dewasa (20-79 tahun) menyandang diabetes pada 2020 dan sebelumnya jumlahnya akan meningkat menjadi 700 juta pada tahun 2045.

Menurut IDF Diabetes Atlas Ninth edisi 2019, 79% orang dewasa menyandang diabetes diabetes hidup di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Sementara prevalensi diabetes diketahui sedikit lebih tinggi pada pria daripada wanita, wanita lebih terpengaruh oleh konsekuensinya.

Mengapa pria berisiko lebih tinggi untuk diabetes tipe2? Diabetes tipe 1, juga dikenal sebagai diabetes yang bergantung pada insulin, terjadi ketika pankreas menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin, yaitu hormon yang dibutuhkan untuk memungkinkan gula (glukosa) memasuki sel untuk menghasilkan energi.

Baca Juga: Tidak Mengonsumsi Gula, Mengapa Tetap Kena Diabetes? Ini Kata Dokter

Baca Juga: 5 Cara Rumahan dan Alami Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki

Pada diabetes tipe 2, seseorang masih memproduksi insulin, tetapi tubuh tidak menggunakannya secara efisien. Ini disebut resistensi insulin.