Find Us On Social Media :

Studi, Jerawat Jadi Gejala Umum PCOS Pada Wanita, Ini Kaitannya

Jerawat jadi gejala umum PCOS pada wanita akibat ketidakseimbangan hormon.

GridHEALTH.id - Jerawat jadi gejala umum PCOS atau polycystic ovary syndrome yang mempengaruhi hingga 34% wanita dengan kondisi tersebut.

Jerawat yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon ini biasanya muncul di area di mana pria juga memiliki. Misalnya di dagu, garis rahang, pipi, dagu, dan leher bagian atas.

PCOS adalah kelainan hormonal yang umum terjadi pada wanita usia subur. Sekitar 10% wanita dan remaja putri diperkirakan hidup dengan kondisi ini.

Dikutip dari Journal of Woman's Health edisi November 2020, wanita dengan PCOS memiliki tingkat hormon pria androgen yang lebih tinggi dari biasanya. Hormon berlebih ini memicu pembentukan kista di ovarium, membuat ovarium membengkak.

Ketidakseimbangan hormon dapat mengganggu pertumbuhan dan pelepasan sel telur dari ovarium (ovulasi) sehingga mempengaruhi kesuburan wanita.

Faktanya, PCOS adalah salah satu penyebab paling umum dari ketidaksuburan pada wanita. Untungnya, ini adalah kondisi yang bisa disembuhkan.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Minyak Vitamin E

Baca Juga: 5 Cara Alami di Rumah Bagaimana Menumbuhkan Alis Lebih Tebal

Peningkatan kadar testosteron dapat menyebabkan sejumlah efek samping, termasuk haid tidak teratur, pertumbuhan rambut di wajah, dada, atau punggung (hirsutisme), dan penambahan berat badan. Jerawat juga merupakan gejala umum PCOS.