Find Us On Social Media :

Turkmenistan Melaporkan Sebagai Negara Tanpa Covid-19 Sampai Hari Ini, Para Ahli Skeptis Soal Laporan Ini

Wanita lalu-lalang di Asgabat (ibukota Turmeknistan) mengenakan masker. Tidak ada Covid-19 yang dilaporkan di negara itu.

 

GridHEALTH.id - Dengan angka 130 juta lebih kasus dari seluruh dunia, dan sudah memasuki awal April 2021, masih terdapat beberapa negara yang belum terdampak dari virus yang diduga berasal dari Wuhan, Tiongkok ini. Negara bebas dari Covid-19 hingga saat ini adalah, Turkmenistan.

Turkmenistan, juga dikenal sebagai Turkmenia. Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan.

Turkmenistan adalah negara yang terletak di Asia Tengah dan berbatasan langsung dengan Iran di selatan, Afganistan di tenggara, Uzbekistan di utara, Kazakhstan di barat laut dan Laut Kaspia di barat.

Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia.

Dengan luas 488.100 km2 (188.500 sq mi), Turkmenistan adalah negara ke-52 terbesar di dunia. Luasnya sedikit lebih kecil ketimbang luas Spanyol dan lebih besar daripada negara bagian California.

Negara ini terletak antara garis lintang 35 ° dan 43 ° U dan bujur 52 ° dan 67 ° T. Terletak di Asia Tengah yang sebagian besar merupakan wilayah gurun pasir yang dibatasi oleh barisan pegunungan, menyebabkan 80% wilayahnya diselimuti oleh gurun Karakum.

Baca Juga: Pakistan Hadapi Lonjakan Pasien Virus Corona Hingga Kehabisan Tabung Oksigen, 7 Pejabat Rumah Sakit Diskors

Baca Juga: Mak Eros Sudah Melahirkan 25 Anak, Ini Risiko Keseringan Melahirkan

Di bagian tengah wilayah ini merupakan daerah Dataran rendah Turpan. Di bagian barat daya wilayah ini terdapat pegunungan Kopet Dag yang memiliki puncak tertinggi Kuh-e Rizeh (Gunung Rizeh) sekitar 2,912 meter (9,553 kaki).