Find Us On Social Media :

Jangan Diabaikan, Gejala Umum Infeksi Ginjal yang Sering Tak Disadari

Gejala infeksi ginjal yang sering kali terabaikan, jangan sampai telat menanganinya.

GridHEALTH.id - Infeksi ginjal paling sering terjadi akibat infeksi pada saluran kemih yang menyebar ke satu atau kedua ginjal.

Penyakit ini  bisa mendadak atau kronis. Infeksi ginjal sering kali menyakitkan dan dapat mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

Melansir dari mayoclinic.org dalam artikel 'Kidney infection', infeksi ginjal (pielonefritis) adalah jenis infeksi saluran kemih yang umumnya dimulai di uretra atau kandung kemih dan menyebar ke salah satu atau kedua ginjal Anda.

Infeksi ginjal membutuhkan perhatian medis segera. Jika tidak ditangani dengan benar, infeksi ginjal dapat merusak ginjal secara permanen atau bakteri dapat menyebar ke aliran darah.

Baca Juga: 5 Pola Hidup Sederhana yang Efektif Hindari Risiko Kista Ginjal

Hal ini akan menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa. Pengobatan infeksi ginjal, yang biasanya mencakup antibiotik, mungkin memerlukan rawat inap.

Penyebab yang menyebabkan infeksi ginjal biasanya dikarenakan bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui saluran yang membawa urin dari tubuh (uretra).

Bakteri ini dapat berkembang biak dan melakukan perjalanan ke ginjal. Ini lah penyebab paling umum dari infeksi ginjal.

Bakteri dari infeksi di tempat lain di tubuh juga dapat menyebar melalui aliran darah ke ginjal. Meskipun tidak biasa mengembangkan infeksi ginjal, itu bisa terjadi. Infeksi ginjal jarang terjadi setelah operasi ginjal.