Find Us On Social Media :

Stres Menyebabkan Penyakit Gigi dan Gusi yang Serius, Penelitian

Waspadai stres karena bisa menyebabkan munculnya penyakit gigi dan mulut.

GridHEALTH.id - Profesor Ercan Durmuş dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Selçuk (SÜ) di Turki mengatakan kepada koresponden Anadolu Agency bahwa masyarakat perlu memprioritaskan kebersihan mulut pribadi untuk tubuh yang sehat.

Menjelaskan bahwa perawatan mulut harus dimulai pada usia yang sangat dini, Durmuş mengatakan mungkin ada alasan berbeda di balik kerusakan gigi, penyakit gigi dan mulut, dan sendi.

"Orang yang mengalami stres kronis juga mengalami kekeringan pada mulut. Oleh karena itu, lapisan pelindung yang melindungi gigi dari pembusukan tidak terbentuk," kata Durmas.

Dia menggarisbawahi bahwa stres yang dialami oleh orang-orang yang berusia antara 18 dan 20 tahun sangat penting dalam hal kesehatan mulut.

"Karena orang tua tidak terlalu mementingkan stres, mereka biasanya terlambat untuk mengambil tindakan pencegahan," katanya,

Ia juga mengatakan, stres yang dialami antara usia 12 dan 20 tahun bisa membuka jalan menuju hilangnya papilla dan penyakit periodontal yang serius antara usia 28 dan 30.

Baca Juga: 2 Penyebab Bau Mulut Penyandang Diabetes, Bisa Menimbulkan Bahaya

Baca Juga: Bukannya Bikin Sehat, Keramas Setiap Hari Membuat Rambut Jadi Rusak

"Anak-anak yang stres menarik dan mengabaikan gigi dan perawatan mulut mereka. Penting untuk mempertimbangkan faktor stres pada orang muda yang menderita masalah gigi, mulut atau persendian untuk menawarkan perawatan permanen," jelas Durmas.