Find Us On Social Media :

Manfaat Pusa Ramadan Saat Pandemi Covid-19, Menurut dr Reisa Kuncinya Aktivitas Fisik Jelang Berbuka

Karena itu lah selama bulan Ramadan, asupan nutrisi pun paling diutamakan.

GridHEALTH.id - Puasa sendiri merupakan salah satu ritual keagamaan umat Islam di seluruh dunia dengan menahan diri dari makan makanan dan minuman setiap tahunnya.

Pandemi Covid-19 menjadikan Ramadan sangat penting tahun ini karena virus tersebut telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia dan menewaskan ribuan orang.

Dalam menangani Covid-19, menjaga kebersihan dan mendukung sistem kekebalan adalah pendekatan pencegahan yang efektif.

Latihan olahraga sedang dan nutrisi yang tepat merupakan faktor terpenting untuk mendukung fungsi sistem imun atau kekebalan tubuh.

Baca Juga: Penyandang Diabetes Wajib Perhatikan Dua Hal Penting Ini Jika Ingin Ikut Puasa Ramadan

Melansir dari frontiersin.org dalam artikel 'Ramadan Fasting During the COVID-19 Pandemic; Observance of Health, Nutrition and Exercise Criteria for Improving the Immune System', sistem imun dalam tubuh manusia merupakan organisasi yang terdiri dari sel dan molekul yang berperan dalam pertahanan terhadap infeksi.

Dua jenis sistem kekebalan termasuk respon imun bawaan, yang bertindak sama ketika terpapar agen infeksius beberapa kali.

Dan respon imun yang didapat, yang ditingkatkan dengan paparan berulang terhadap agen infeksi.

Ada banyak penelitian tentang efek puasa Ramadhan terhadap sistem kekebalan tubuh, yang menunjukkan bahwa puasa dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Aje Gile, Demi Selalu Cantik 24 Jam Mengenakan Makeup Selama 2 Tahun, Kini Ia Mendapatkan Hasilnya