Find Us On Social Media :

Strain B.1.617 dari India Jadi Varian Perhatian di Tingkat Global, WHO

WHO menaruh perhatian lebih fokus pada varian baru virus corona varian B.1.617 yang berasal dari India.

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Selasa (11/05/2021) bahwa varian virus corona yang pertama kali diidentifikasi di India tahun lalu yang tampaknya menyebar lebih mudah menurut studi pendahuluan kini telah diklasifikasikan sebagai varian yang menjadi perhatian global.

WHO mengatakan varian B.1.617 dari Covid-19 yang pertama kali ditemukan di India Oktober lalu tampaknya lebih mudah menular.

"Ada beberapa informasi yang tersedia untuk menunjukkan peningkatan penularan B.1.617," kata Maria Van Kerkhove, pimpinan WHO untuk Covid-19 kepada wartawan.

"Karena itu, kami mengklasifikasikan ini sebagai varian perhatian di tingkat global," ujarnya.

Dia juga menunjuk pada studi awal yang menunjukkan bahwa ada beberapa netralisasi yang berkurang, yang berarti bahwa antibodi tampaknya memiliki dampak yang lebih kecil pada varian dalam studi laboratorium sampel kecil.

Meskipun demikian, WHO bersikeras bahwa masih terlalu dini untuk menafsirkan hal ini sehingga varian tersebut mungkin memiliki lebih banyak resistansi terhadap perlindungan vaksin.

Baca Juga: Bekerja Tanpa Hiruk Pikuk, Kepala BPOM Apresiasi Uji Klinis Fase Ketiga Vaksin Longcom Anhui Asal Bandung

Baca Juga: Tip Diabetes : Makan Buah Naga Untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Berdasarkan data saat ini, vaksin Covid-19 tetap efektif mencegah penyakit dan kematian pada orang yang terinfeksi varian ini, katanya dalam sebuah pernyataan.