Find Us On Social Media :

4 Obat Bebas Wajib Dihindari Selama Kehamilan, Di Antaranya Ibuprofen

Ibuprofen termasuk 0bat bebas yang harus dihindari selama kehamilan

GridHEALTH.id - Apakah sedang hamil atau berencana untuk hamil dalam waktu dekat? Dalam hal kehamilan, seseorang perlu mengikuti seperangkat pedoman tertentu untuk mencegah komplikasi di masa depan.

Kehamilan membawa beberapa masalah kesehatan lainnya dan terkadang satu-satunya cara yang dirasa benar adalah minum obat untuk mengurangi gejala komplikasi.

Tetapi tahukah, tidak semua obat aman untuk ibu hamil atau bayi? Ya, aturan umum tentang minum obat selama kehamilan adalah bertanya kepada dokter sebelum mengambil obat yang dijual bebas (Over The Counter).

Dokter biasanya meminta ibu hamil untuk menghindari obat-obatan OTC selama kehamilan - terutama 3 bulan pertama - karena pada saat itulah organ bayi terbentuk dan sangat krusial. Berikut daftar obat yang perlu dihindari ibu hamil;

1. Ibuprofen

Mengambil obat yang tersedia dengan mudah ini dapat mempengaruhi kehamilan dan memperburuk keadaan janin.

Baca Juga: Bermula Dari Tweet Menteri Kesehatan Perancis, WHO Sarankan Parasetamol daripada Ibuprofen Untuk Tangani Demam Pasien Covid-19

Baca Juga: AstraZeneca Timbulkan Korban Lagi, Kali Ini di Indonesia Seorang Pria Meninggal Setelah Disuntik

Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi Ibuprofen yang biasa digunakan bahkan hanya untuk dua hari selama 24 minggu pertama kehamilan mereka dapat mengurangi jumlah telur anak perempuan mereka, yang berpotensi mempengaruhi kesuburan mereka di masa depan.