Find Us On Social Media :

Ditemukan, Jenis Virus yang Dapat Mengobati Kanker Otak Pada Anak

Gregory Friedman, seorang spesialis kanker anak, melihat melalui mikroskop di laboratorium di Birmingham, Alabama, AS

GridHEALTH.id - Sebuah studi baru memberikan harapan untuk pengobatan jenis kanker yang mematikan pada masa kanak-kanak.

Para dokter membuat kemajuan dengan menggunakan jenis pengobatan baru. Mereka menyerang jenis kanker yang mematikan pada masa kanak-kanak dengan memasukkan virus langsung ke otak anak-anak untuk memacu respons sistem kekebalan terhadap sel-sel kanker.

Selusin anak yang dirawat dengan cara ini hidup lebih dari dua kali lebih lama dari pasien serupa di masa lalu, para dokter melaporkan Sabtu di konferensi Asosiasi Riset Kanker Amerika dan di New England Journal of Medicine.

Meskipun kebanyakan dari mereka akhirnya meninggal karena penyakit, beberapa masih hidup dan sehat beberapa tahun setelah pengobatan, sesuatu yang hampir tidak pernah terdengar dalam situasi ini.

"Ini adalah langkah pertama, langkah kritis," kata pemimpin studi tersebut, Dr. Gregory Friedman, spesialis kanker anak di University of Alabama di Birmingham.

"Tujuan kami adalah untuk memperbaikinya, mungkin dengan mencobanya saat pasien didiagnosis pertama kali atau dengan menggabungkannya dengan terapi lain untuk meningkatkan sistem kekebalan," katanya.

Baca Juga: World Cancer Day, Kisah Mengharukan Bayi 4 Bulan Terkena Kanker Otak yang Berhasil Sembuh

Baca Juga: Harga Vaksin Covid-19 Gotong Royong Dinilai Kemahalan, Perusahaan Banyak yang Mundur, Cita-cita Herd Immunity Semakin Jauh?

Para pasien dalam penelitian ini diberi pendekatan eksperimental setelah pengobatan lain gagal.