Find Us On Social Media :

Kesepian Bisa Menimbulkan Munculnya Penyakit Diabetes Tipe 2, Studi

GridHEALTH.id - Kesepian bukan hanya kondisi emosional, tetapi juga dapat berdampak besar pada kesehatan fisik.

Segala sesuatu mulai dari peningkatan peradangan, nyeri, dan penyakit tertentu mungkin disebabkan oleh rasa kesepian.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia mengatakan orang yang tidak memiliki koneksi interpersonal yang berkualitas bisa berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Peneliti dari King's College London menganalisis data dari 4.112 orang dewasa berusia 50 tahun ke atas. Pada awal penelitian, tidak ada peserta yang menderita diabetes, dan semua kadar gula darah mereka berada dalam kisaran normal dan sehat. Pada akhir penelitian (12 tahun kemudian), 264 orang dewasa mengembangkan diabetes tipe 2.

Bahkan ketika memperhitungkan kebiasaan merokok dan alkohol, serta berat badan, gula darah, tekanan darah, dan penyakit kardiovaskular, orang yang dilaporkan mengalami kesepian lebih cenderung mengembangkan diabetes.

Anehnya, orang yang tinggal sendiri atau mengalami isolasi sosial dan / atau depresi tidak mengalami peningkatan risiko. Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, para peneliti mengatakan kesepian dan isolasi sosial adalah dua hal yang berbeda.

Baca Juga: Viral Jasa Pelukan Berbayar di Cikarang, Ini Manfaat yang Dicari

Baca Juga: Bekerja Lebih 55 Jam Per Minggu Tingkatkan Risiko Kematian, PBB

Apa perbedaan antara kesepian dan isolasi sosial? Kesepian ditentukan oleh kualitas hubungan seseorang, Ruth Hackett, Ph.D., psikiater di King's College London, menjelaskan.