Find Us On Social Media :

Pertanyaan Awam, 'Apakah Vaksin Covid-19 Saya Berhasil Jika Saya Tidak Mengalami Efek Samping?'

Efek samping vaksin Covid-19 berbeda pada setiap orang dan bukan menunjukkan ketidakberhasilan vaksin Covid-19.

GridHEALTH.id - Diperkirakan puluhan juta orang di seluruh dunia setidaknya sudah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 yang disebar ke berbagai negara sebagai bagian dari program inokulasi massal untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Banyak yang bertanya-tanya, apakah efek samping yang mereka alami itu normal. kan pertanyaan, jika tidak mengalami efek samping, apakah itu berarti vaksin tidak bekerja sama sekali?

Vaksin dapat menyebabkan efek samping sementara pada beberapa orang dan itu pertanda baik, karena menunjukkan bahwa sistem kekebalan sedang mempersiapkan jika terinfeksi virus corona.

Tetapi beberapa orang tidak mengalami apa-apa, dan ini tidak berarti vaksin tersebut tidak berfungsi, kata para ahli penyakit menular. Tidak ada bukti bahwa kurangnya efek samping berarti orang yang divaksinasi tidak terlindungi dari Covid-19.

Detailnya membutuhkan sedikit penjelasan, tetapi alasan utama dokter merasa nyaman membuat pernyataan itu hanyalah angka.

Dalam uji klinis, kurang dari setengah penerima vaksin melaporkan episode sedang atau parah dari efek samping "sistemik" seperti demam, sakit kepala dan kelelahan.

Baca Juga: Penyandang Alergi Perlu Tahu Tentang Efek Samping Vaksin Covid-19

Baca Juga: Menyusui Dapat Mencegah Penyakit Infeksi Telinga Pada Bayi, Studi

Namun obat tersebut mencegah sebagian besar kasus penyakit, menurut penelitian tersebut. Jadi dengan proses eliminasi, beberapa pencegahan penyakit itu pasti terjadi pada orang dengan efek samping ringan atau tanpa efek samping.