Find Us On Social Media :

Untuk Menghindari Infeksi Pada Bayi Baru Lahir, Ini yang Harus Dilakukan Orangtua di Unit Perawatan Neonatal

Orangtua dapat melakukan banyak hal agar bayinya yang baru lahir terhindar dari infeksi.

GridHEALTH.id - Sebuah tim peneliti telah melaporkan pengembangan strategi baru untuk mengurangi kemungkinan perlindungan bayi dari infeksi orangtua.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal American Medical Association. Salah satu momok mikroba paling mematikan yang ada di rumah sakit adalah Staphylococcus aureus.

“Prosedur tradisional untuk mencegah infeksi Staph yang didapat di rumah sakit di NICU terutama berfokus pada menjaga staf dan fasilitas sesteril mungkin.

Studi kami adalah salah satu yang pertama untuk fokus pada orangtua sebagai sumber bakteri dan kemudian menguji efektivitas intervensi untuk memerangi masalah," kata Aaron Milstone yang memimpin penelitian.

Di unit perawatan intensif neonatal (NICU) rumah sakit, infeksi yang disebabkan oleh S. aureus tidak hanya mengancam kelangsungan hidup bayi yang sakit atau prematur tetapi juga mengancam perkembangan neurologis mereka.

Para peneliti menggunakan rejimen sederhana bagi orangtua dari bayi untuk mengikuti selama periode ketika anak-anak mereka berada di perawatan intensif untuk mengurangi penyebaran S. aureus.

Baca Juga: Tetap Tak Tergantikan, ASI Meningkatkan Kekebalan Terhadap Penyakit Infeksi Bayi

Baca Juga: Obat Herbal Alami Untuk Sembuhkan Sariawan, Cukup Segelas Air Kelapa

Tindakan pencegahan termasuk penerapan salep antibiotik ke dalam hidung dan pembersihan kulit melalui lap yang mengandung 2% klorheksidin glukonat.