Find Us On Social Media :

Tetap Tak Tergantikan, ASI Meningkatkan Kekebalan Terhadap Penyakit Infeksi Bayi

Bayi harus menyusu selama enam bulan pertama dan menyusui dilanjutkan hingga usia 2 tahun agar kekebalannya terbentuk sempurna.

GridHEALTH.id - Ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu hidup dalam kondisi pandemi, keadaan dan pentingnya kesehatan kita selalu menjadi yang terdepan dan terutama kesehatan anak-anak kita.

Jadi, orangtua mencari cara bagaimana mereka dapat memaksimalkan perlindungan bayi mereka. Padahal, jawabannya adalah sederhana, yaitu Air Susu Ibu atau ASI.

ASI, tidak hanya memberikan nutrisi kepada bayi tetapi juga memperkuat sistem kekebalan dan melindungi mereka dari penyakit infeksi.

"Studi menunjukkan bahwa bayi yang disusui selama setahun 50% lebih kecil kemungkinannya untuk tertular infeksi dibandingkan bayi lain," kata Nalan Karabayir, yang mengajar kesehatan anak dan penyakit di Rumah Sakit Universitas Medipol Mega di Istanbul, Turki, dikutip dari Anadolu Agency (26/05/2021).

ASI juga memiliki cara tidak langsung untuk membantu bayi. Antibodi untuk virus corona ditemukan dalam susu ibu yang divaksinasi , dan bayi dapat dilindungi dengan cara ini.

Karabayir mengatakan jika ibunya disuntik untuk melawan virus corona, itu akan melindungi dia dan bayinya dari infeksi.

Baca Juga: Ibu Menyusui Mengonsumsi Gula Berlebih Berisiko Membuat Anaknya Diabetes

Baca Juga: Cara Mudah Turunkan Berat Badan, Cukup Perlu Rajin Menyikat Gigi !

Menyinggung tentang dampak Covid-19 pada ibu dan bayi, serta merujuk pada penelitian, Karabayir mencatat bahwa pandemi menyerang anak-anak dari segala usia, namun dengan pengetahuan kami saat ini, tidak dapat ditularkan melalui ASI.