Find Us On Social Media :

Ditemukan Ada Miliaran Virus di Tubuh 3 Orang Warga Kalimantan Barat, Hasil Cycle Threshold Veluenya Mencapai 10

SWAB rapid test antigen di Kalimantan Barat

GridHEALTH.id -Sejak pandemi Covid-19 melanda kita sering mendnegar salah satu istilah medis yang awalnya asing di telinga, yaitu cycle threshold (CT).

Cycle threshold ini adalah kepadatan atau banyaknya sampel virus yang diambil dari pasien.

Baca Juga: Hanung Bramantyo Ikut Positif Corona, Zaskia Mecca Sebutkan Ciri-ciri Covid-19 Cukup dari Raut Wajah: 'Mukanya Persis Sybil & Kala di Hari Pertam

Pengambilan sampelnya menggunakan metode RT-PCR.

Menurut pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Utomo, CT Value alias nilai CT seseorang ini bisa menggambarkan banyaknya partikel virus yang ada di dalam rongga pernapasan seseorang.

Meski tidak berhubungan secara langsung, CT Value juga bisa menggambarkan banyaknya partikel virus pada pasien penderita covid-19.

Contoh, jika hasil CT Value seseorang berada di bawah angka 25, artinya kemungkinan jumlah partikel virus pada hidung orang itu sudah cukup banyak.

Hal ini akan meningkatkan risiko partikel virus untuk masuk ke dalam paru-paru semakin besar.

"Ketika, misalnya, virusnya sudah mulai banyak kan tumpah tuh virusnya. Nah, tumpahnya itu bisa jalan keluar, bisa dua jalan, dia tumpah ke bawah ke dalam paru atau dia tumpah keluar, ke udara lewat droplet," ucap Ahmad, dikutip dari CNN Indonesia (30/1/2021).

Baca Juga: Penyakit Infeksi Kulit Rentan Dialami Lansia, Ini Penyebabnya