Find Us On Social Media :

Diabetes yang Tidak Terkontrol Bisa Menyebabkan Kerusakan Retina Mata

Orang dengan diabetes yang tidak terkontrol dalam jangka waktu lama rentan terhadap kerusakan retina

GridHEALTH.id -  Gula darah tinggi akibat diabetes dikaitkan dengan kerusakan pembuluh darah kecil di retina, yang menyebabkan retinopati diabetik.

“Diabetes mellitus menyebabkan kebutaan melalui banyak mekanisme seperti retinopati, pembentukan katarak (pemutihan lensa mata), glaukoma (peningkatan tekanan mata) dan penyumbatan pembuluh darah mata,” Md. Ashraf Ganie, Associate Profesor, Endocrinology and Metabolism, AIIMS , New Delh, dikutip dari Times of Indian (17/06/2021).

Masalah mata serius yang disebabkan oleh diabetes mungkin tidak menunjukkan gejala atau masalah penglihatan ringan, tetapi pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.

Orang dengan diabetes yang tidak terkontrol dalam jangka waktu lama rentan terhadap kerusakan retina, yang dapat menyebabkan PDR (Proliferative Diabetic Retinopati), CSME (Clinically Significant Macular Edema - penumpukan cairan di makula, area penglihatan di pusat retina) atau Vitreoretinopati Proliferatif.

Lebih lanjut dapat menyebabkan ketebalan retina, ablasi retina dan kebutaan. Retinopati diabetik termasuk pembengkakan di makula. Ini dapat mempengaruhi salah satu jenis kelamin.

Risiko meningkat seiring bertambahnya usia, meskipun lebih tergantung pada durasi dan kontrol diabetes.

Baca Juga: Diabetes Retinopati Bisa Sebabkan Kebutaan, Ini Penjelasannya

Baca Juga: Tekanan Darah Pada Lansia Mulai Turun 14 Tahun Sebelum Kematian, Studi

Retinopati diabetik adalah manifestasi okular dari diabetes, penyakit sistemik yang mempengaruhi hingga 80% dari semua pasien yang telah menderita diabetes selama 10 tahun atau lebih.