Find Us On Social Media :

Jangan Terlena, Diabetes Bisa Muncul di Usia Lanjut, Ini Gejalanya

Gejala diabetes pada lansia termasuk rasa haus atau lapar yang ekstrem, sering buang air kecil dan/atau kelelahan.

GridHEALTH.id - Diabetes (juga disebut diabetes mellitus) adalah kondisi kronis (berkelanjutan) yang ditandai dengan kadar glukosa darah (gula darah) yang tinggi karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau merespon insulin, hormon yang memungkinkan glukosa darah masuk ke sel-sel tubuh dan akan digunakan untuk energi.

Risiko diabetes (diabetes tipe 2) meningkat seiring bertambahnya usia. Di dunia, satu dari 6 orang di atas 65 tahun melaporkan menyandang diabetes, dan hampir seperlima orang berusia di atas 85 tahun. Jenis diabetes yang paling umum pada orang tua adalah diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 terus meningkat seiring bertambahnya usia. Salah satu alasannya adalah meningkatnya resistensi insulin seiring bertambahnya usia.

Faktor yang berkontribusi terhadap resistensi insulin adalah penurunan massa otot (sarcopenia), kelebihan berat badan dan berkurangnya aktivitas fisik pada orang tua. Selain itu, pankreas tidak berfungsi sebaik pada orang yang lebih muda.

Lansia cenderung memiliki kondisi kesehatan lain yang berdampak pada diabetes mereka dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola.

Baca Juga: Lansia Paling Rentan Terkena Komplikasi Diabetes, Solusinya 2 Hal ini

Baca Juga: Kencan Online, Salah Satu Penyebab Penyakit Infeksi Menular Seksual pada Lansia

Kondisi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah perifer.