Find Us On Social Media :

Fibroadenoma Mammae (FAM), Sejenis Tumor Jinak di Payudara, Benarkah Akibat Sering Mengonsumsi Fast Food?

Mengonsumsi fast food dan junk food yang berlebihan akan menjadi faktor risiko FAM

GridHEALTH.id -  Fibroadenoma atau fibroadenoma mammae (FAM) sebenarnya sejenis tumor jinak yang ada di payudara.

Tetapi bagi wanita yang mengalaminya, FAM bisa menakutkan karena tidak sedikit yang harus menjalani operasi untuk menghilangkan tumor tesebut.

Dokter spesialis onkologi radiasi, dr. Denny Handoyo, Sp.Onk.Rad dari Siloam Hospital MRCCC Semanggi mengatakan, orang awam sering mengira (FAM) sudah merupakan kanker payudara.

 “Mungkin yang banyak diketahui awam adalah kanker payudara. Tetapi itu sebenarnya adalah sejenis tumor jinak. Ada lebih banyak wanita muda yang memiliki FAM, " ungkap Denny dikutip dari Kompas.com (05/03/2021).

Denny melanjutkan, benjolan jinak pada payudara itu biasanya berisi kelenjar. “Lebih dari 50% perempuan berusia muda (15-35 tahun) memiliki FAM, tapi sayangnya kebanyakan perempuan tidak sadar memilikinya.”

Perempuan yang memiliki FAM akan merasakan hal payudaranya mengencang bahkan setelah menstruasi selesai, tidak seperti normalnya yang hanya mengencang dan jika dipegang terasa menggerenjel sebelum dan selama menstruasi.

Baca Juga: Ganti Daging Merah Dengan Daging Ayam Kurangi Risiko Kanker Payudara

Baca Juga: Mengenal Penyakit Infeksi Leishmaniasis yang Membunuh 100 Ribu Orang Setiap Tahun, Menyebar Lewat Lalat Pasir

Setelah menstruasi sudah lewat, kelenjar susu akan kembali ke bentuk seperti semula, tapi pada orang yang memiliki FAM setelah lewat masa menstruasi kondisi kelenjar susu masih tetap padat dan benjolan-benjolan di payudara tidak kunjung mereda.