Find Us On Social Media :

3 Tantangan Belajar di Sekolah yang Dihadapi Oleh Anak Diabetes

Anak hidup dengan diabetes punya tantangan yang mungkin tidak diketahui dan disadari banyak orang.

GridHEALTH.id - Anak-anak dengan diabetes tipe 1 tetaplah anak-anak. Tetapi sunggung menakjubkan bagaimana 3% dari pankreas (sel-sel beta yang membuat insulin) dapat memiliki hasil yang begitu besar pada seorang anak untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari yang teman-teman mereka tanpa diabetes sulit melakukan.

Banyak dari kita mungkin pernah mendengar tentang anak laki-laki Michigan berusia 6 tahun, Ian Unger, yang menjual labu untuk mengumpulkan uang bagi anjing yang waspada diabetes sehingga dia bisa naik bus ke sekolah.

Ian, yang menderita diabetes tipe 1, memakai pompa dan tidak dapat naik bus tanpa bantuan seorang ajudan, baik itu orang atau anjing yang waspada. Kisah ini adalah kenyataan sehari-hari bagi banyak anak dengan diabetes.

Kehidupan sekolah bisa jadi sulit tetapi anak hidup dengan diabetes punya tantangan tersendiri dalam mengelola diabetesnya yang mungkin tidak diketahui dan disadari banyak orang.

Memahami tantangan ini dan bagaimana mengatasinya perlu diketahui tidak hanya untuk anak dan keluarga, tetapi juga untuk teman sekelas, personel sekolah, dan tim perawatan diabetes.

Baca Juga: Diabetes Pada Anak, Kenali 5 Penyebab Umum yang Sering Muncul

Baca Juga: Gejala Ringan Terinfeksi Covid-19 Cukup Isolasi Mandiri di Rumah, Tapi Mengapa Ada yang Meninggal? Ini Penyebabnya

Dikutip dari Association of Diabetes Care and Education Specialist, inilah tiga tantangan yang dihadapi anak dengan diabetes;

1.  Kegiatan sekolah sehari-hari dapat menjadi usaha yang kompleks.

Kadar gula darah tinggi atau rendah dapat terjadi di mana saja kapan saja, memengaruhi pembelajaran, kognisi, perhatian, dan perilaku anak.