Find Us On Social Media :

Berat Badan Terus Turun, Salah Satu Gejala Infeksi Cacing Pita

Daging mentah bisa memicu infeksi cacing pita yang berakibat fatal, misalnya penurunan berat badan.

GridHEALTH.id - Jika kita seorang non-vegetarian dan suka bereksperimen dengan berbagai jenis daging merah termasuk daging sapi dan babi, maka kita harus waspada terhadap infeksi cacing pita.

Cacing pipih, tersegmentasi panjang yang ditemukan dalam daging mentah, terutama babi.

Cacing pita dapat menyebabkan beragam gejala yang memerlukan perhatian medis. Jurnal Clinical Microbiology and Infection menjelaskan gejala umum infeksi cacing pita;

1. Sering sakit perut

Jika sering mengalami rasa sakit yang mencekam di perut, yang tidak kunjung hilang bahkan setelah minum obat, konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan tinja untuk mengetahui penyebab pastinya karena mungkin mengindikasikan infeksi cacing pita.

2. Penurunan berat badan

Saat cacing memakan makanan yang kita makan, ada kemungkinan besar kita mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Jika merasakan perubahan berat badan yang drastis bersama dengan sakit perut yang parah, maka lakukan tes untuk infeksi cacing pita.

Baca Juga: Gemar Makan Daging Babi, Otak Pria Ini Tenyata Dipenuhi Cacing Pita

Baca Juga: Kekurangan Protein Selama Kehamilan Berisiko Timbulkan Masalah Ginjal Pada Anak Kelak, Studi

3. Tinja berdarah

Cacing menempel pada dinding usus dan menjadi tidak bergerak sehingga menyebabkan ulserasi kecil di usus. Hal ini menyebabkan tinja berdarah pada orang yang menderita infeksi cacing pita.