Find Us On Social Media :

Kekurangan Protein Selama Kehamilan Berisiko Timbulkan Masalah Ginjal Pada Anak Kelak, Studi

Ibu hamil kekurangan protein berpengaruh pada kondisi ginjal anaknya.

GridHEALTH.id - Makan makanan bergizi selama kehamilan penting untuk perkembangan bayi dan mengurangi gejala kehamilan yang tidak menyenangkan seperti kelelahan dan mual di pagi hari.

Seorang wanita hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi tertentu seperti protein, zat besi, asam folat, kalsium, vitamin D dan yodium untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Nutrisi yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu dan bayinya.

Malnutrisi ibu terkait dengan risiko yang lebih tinggi dari anemia gestasional, hipertensi, keguguran dan kematian janin, kelahiran prematur dan bahkan kematian ibu.

Penelitian juga mengaitkan kurangnya asupan protein selama kehamilan dengan bayi yang lahir dengan berat badan kurang dan lebih rentan untuk mengembangkan masalah ginjal.

Hal ini diketahui oleh para peneliti di Obesity and Comorbidities Research Center (OCRC) yang berafiliasi dengan Universitas Campinas (UNICAMP) di negara bagian Sao Paulo, Brasil.

Baca Juga: Lebih Suka Gorengan, Akibatnya Masyarakat Indonesia Masih Banyak Kekurangan Protein Seperti Ruben Onsu, Ini Cara Mendapatkan Protein yang Murah dan Sehat

Baca Juga: 5 Tanda Ketidaksuburan Ini Ternyata Sering Diabaikan Para Wanita

Dalam hasil penelitian mereka yang diterbitkan di PLOS ONE, para peneliti mencatat bahwa antara 10% dan 13% dari populasi dunia menderita penyakit ginjal kronis, hilangnya fungsi ginjal secara bertahap yang tidak dapat diubah yang terkait dengan tekanan darah tinggi dan gangguan kardiovaskular.