Find Us On Social Media :

Infeksi Virus Herpes Pada Mata Dapat Sebabkan Kebutaan, Studi

Lansia dapat terserang kebutaan mata akibat virus.

GridHEALTH.id - Kelompok tim peneliti dari Viral Immunology Center di Georgia State University di Amerika Serikat, telah menemukan bahwa jenis infeksi virus herpes pada mata dikaitkan dengan degenerasi makula terkait usia neovaskular (AMD), penyakit yang menyebabkan kebutaan pada orang tua atau lansia.

Para ilmuwan menemukan bahwa sitomegalovirus manusia, sejenis virus herpes, menyebabkan produksi faktor pertumbuhan endotel vaskular, atau VEGF, protein sinyal yang mengatur pembentukan pembuluh darah baru.

Dengan pembentukan pembuluh darah baru, kerusakan jaringan retina terjadi, yang mengarah pada pengembangan AMD (age-related macular degeneration) "basah" dan akhirnya, kehilangan penglihatan dan kebutaan.

Hasilnya dipublikasikan di PLoS Pathogens, sebuah jurnal dari Public Library of Science edisi Januari 2020.

"Sebelum pekerjaan ini, kofaktor untuk pengembangan AMD termasuk genetika, diet tinggi lemak dan merokok. Sekarang, kami menambahkan agen infeksi sebagai kofaktor lain," kata Richard D. Dix, profesor di Ocular Georgia State Viral Immunology Center di Laboratorium Virologi dan Imunologi.

Tim peneliti termasuk Dix, Scott W. Cousins, Diego G. Espinosa-Heidmann, Daniel M. Miller, Simone Pereira-Simon, Eleut P. Hernandez, Hsin Chien dan Courtney Meier-Jewett.

Baca Juga: Diabetes yang Tidak Terkontrol Bisa Menyebabkan Kerusakan Retina Mata

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan Sederhana Redakan Vagina Gatal dan Nyeri

Lembaga penelitian yang berafiliasi termasuk Duke University Eye Center, Bascom Palmer Eye Institute dari University of Miami Miller School of Medicine, Viral Immunology Center di Georgia State, dan Department of Ophthalmology di Emory University School of Medicine.