Find Us On Social Media :

Masih Jadi Tanda Tanya Awam, Mengapa Sudah Vaksin Lengkap Tetap Bisa Positif Covid-19?

Meskipun sudah disuntik lengkap, kemungkinan risiko tertular Covid-19 tetap ada.

GridHEALTH.id - Banyak orang yang telah divaksinasi Covid-19 percaya bahwa mereka tidak akan tertular Covid-19 sejak mereka mendapat suntikan.

Benarkah demikian? Mari kita lihat seberapa realistis kepercayaan itu. Nyatanya, ribuan yang disebut "kasus terobosan" infeksi Covid-19 meskipun kekebalan penuh setelah vaksinasi , di seluruh dunia telah membuktikan bahwa beberapa terinfeksi meskipun divaksinasi, terutama di panti jompo.

Ini terjadi terlepas dari kenyataan bahwa vaksin utama yang disetujui di negara-negara Barat menawarkan tingkat perlindungan yang tinggi, bahkan jika ini bervariasi dari satu vaksin ke vaksin lainnya.

Contohnya, vaksin mRNA dari BioNTech/Pfizer dan Moderna mengurangi risiko tertular Covid-19 hingga 95% terhadap varian Covid-19 asli.

Efektivitas yang disebut vaksin vektor agak lebih rendah setelah imunisasi lengkap, hingga 80% untuk vaksin dari AstraZeneca, sementara Johnson & Johnson menghitung efektivitas 66% untuk vaksinnya.

Tetapi bahkan jika vaksin secara signifikan mengurangi risiko tertular Covid-19 dan manfaatnya jauh lebih besar daripada risiko apa pun, tidak ada perlindungan 100%.

Baca Juga: Penerima Vaksin Covid-19 Sinovac Siap-siap! Tahun Depan Bakal Dapat Suntikan Dosis Ketiga

Baca Juga: Mucormycosis, Infeksi Jamur Hitam yang Dipenuhi Mitos, Ini Faktanya

Seperti virus lain, apa yang disebut terobosan vaksin dapat terjadi. Probabilitas seseorang akan terinfeksi Covid-19 dan mengembangkan gejala meskipun telah divaksinasi lengkap adalah "rendah, tetapi bukan nol," menurut Robert Koch Institute (RKI) Jerman, badan kesehatan yang membantu mengoordinasikan respons pandemi negara itu.