Find Us On Social Media :

Agar Tak Menggangu Tidur, Jam Berapa Sebaiknya Berhenti Minum Kopi? Riset Ini Membuktikan

Minum kopi dekat dengan waktu tidur malam dapat mengganggu tidur nyenyak.

GridHEALTH.id - Jika kita pernah menikmati secangkir kopi sore yang membuat kita terjaga di malam hari, kita mungkin segera menyadari bahwa kafein yang terlalu dekat dengan waktu tidur adalah larangan.

Tetapi sebenarnya seberapa dekat dengan waktu tidur kita bisa minum? Berikut ini adalah apa yang dikatakan penelitian tersebut kepada kita.?

Pertama, penting untuk diingat bahwa setiap orang memetabolisme kafein secara berbeda, jadi tidak semua orang akan meresponsnya dengan cara yang sama.

Tapi yang kita tahu adalah, tidak peduli siapapun, kafein dapat meningkatkan kadar kortisol, alias hormon stres.

Sebagai pakar tidur dan psikiater holistik Ellen Vora, MD, sebelumnya menjelaskan kepada Mind Body Green, kafein memiliki waktu paruh lima hingga tujuh jam bagi kebanyakan orang, yang berarti dibutuhkan sekitar enam jam bagi tubuh untuk memetabolisme setengah dari kafein yang menginduksi kortisol, dan enam jam lagi untuk memetabolisme setengahnya.

"Secangkir kopi pada jam 9 pagi masih tertinggal di tubuh  sebelum tidur, dan minum secangkir kopi pada jam 3 sore secara efektif seperti meminum setengah cangkir kopi pada jam 9 malam," katanya, menambahkan.

Baca Juga: Teh Hijau dan Kopi, Dua Minuman Wajib Bagi Survivor Gangguan Jantung dan Stroke

Baca Juga: Cek Fakta Covid-19, Bisakah Menghirup Uap dan Berkumur Melepaskan Virus Corona?

Vora mengatakan, bahkan sedikit kafein yang tertinggal di dalam tubuh dapat mengganggu kualitas tidur kita.