Find Us On Social Media :

Diabetes Pada Lansia, Ketahui Tanda dan Gejala Khas Diabetes Tipe 2 pada Kelompok Ini

Karena perubahan fisiologis terkait usia ini, pasien lanjut usia punya gejala khas diabetes.

GridHEALTH.id - Pasien lansia sering datang dengan tanda dan gejala diabetes yang berbeda, jadi penting bagi ahli gizi dan keluarga untuk mengetahui apa itu sehingga mereka dapat membantu pasien ini menstabilkan kadar glukosa darah dengan nutrisi yang tepat atau merujuk mereka ke dokter yang berspesialisasi dalam perawatan diabetes geriatri.

Lebih dari seperempat mereka yang mempunyai diabetes di seluruh dunia adalah lansia berusia 65, termasuk tipe 1 dan 2, dan sekitar setengah dari orang dewasa yang lebih tua memiliki pradiabetes.

Pada populasi ini, resistensi insulin terkait usia dan gangguan fungsi pankreas meningkatkan risiko pengembangan penyakit.

Karena perubahan fisiologis terkait usia ini, pasien lanjut usia mungkin tidak menunjukkan gejala klasik hiperglikemia.

Ambang ginjal untuk glukosa meningkat seiring bertambahnya usia, dan orang tua sering mengalami gangguan mekanisme rasa haus.

Dengan demikian, poliuria dan polidipsia mungkin tidak ada. Gejala umum yang muncul adalah dehidrasi, mata kering, mulut kering, kebingungan, inkontinensia, dan komplikasi diabetes, seperti neuropati atau nefropati.

Baca Juga: Komplikasi Diabetes Pada Lansia, Gangguan Kognitif Paling Kentara

Baca Juga: Hikmah Pasca Covid-19, Lebih Banyak Orang Akan Memilih Makanan Sehat

Hipertensi dan dislipidemia sering terjadi bersamaan dengan diabetes, tetapi pada pasien diabetes yang lebih tua bisa terjadi tambahan seperti demensia, depresi, dan penurunan fungsi.