Find Us On Social Media :

Pengobatan Semakin Maju, Orangtua Anak dengan Diabetes Tipe 1 Tak Lagi Khawatir dengan Pelajaran di Sekolah, Studi

Pengobatan yang semakin maju disertai kontrol diabetes yang baik tidak mengurangi potensi akademik anak di sekolah.

GridHEALTH.id - Memperbarui hasil penelitian terdahulu dimana penyakit diabetes dapat memengaruhi proses belajar anak di sekolah, sekarang muncul hasil penelitian baru.

Bahwa anak-anak yang hidup dengan diabetes tipe 1 dapat belajar dan berprestasi dalam pendidikan di tingkat yang sama dengan rekan-rekan mereka.

Sebuah penelitian baru di Denmark mengungkapkan bahwa diabetes tidak mempengaruhi nilai tes anak-anak.

Temuan studi mengurangi kekhawatiran banyak orangtua yang memiliki anak dengan diabetes tipe 1, yang berkembang di masa kanak-kanak atau dewasa muda.

Ketika diabetes tipe 1 terjadi, pankreas gagal memproduksi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula darah menjadi energi.

Hal ini menyebabkan anak-anak menderita komplikasi seperti gula darah yang sangat tinggi, atau kadar gula yang rendah di otak, yang keduanya berhubungan dengan masalah kognitif.

Baca Juga: Mendeteksi Gejala 4 T Diabetes Pada Anak dan Remaja, Hanya 9 % Orangtua yang Paham Menurut Studi

Baca Juga: Debat Perlu Tidaknya Unjuk Sertifikat Vaksin Dimana-mana, CDC Sebut Mereka yang Divaksin Tetap Bisa Menularkan Virus Corona

Namun, tidak semua penelitian mengaitkan diabetes tipe 1 dengan kinerja akademis yang buruk, catat para peneliti dalam The Journal of The American Medical Association (JAMA), tempat penelitian tersebut diterbitkan.