Find Us On Social Media :

Satu Tahun yang Menentukan Bagi Perkembangan Otak Bayi, Tapi Bagaimana Kalau di Rumah Saja Gara-gara Lockdown?

Pada masa lockdown bayi kehilangan berinteraksi sosial dengan keluarga besar, namun punya kesempatan menyusui lebih lama.

GridHEALTH.id - Bayi mulai mencari wajah manusia dalam beberapa jam setelah kelahiran mereka.

Pemindaian MRI menunjukkan bahwa otak bayi yang baru lahir tampaknya sudah terprogram untuk melakukannya.

"Wajah adalah sumber informasi yang sangat penting dan kaya," kata Pasco Fearon, ketua psikopati perkembangan di University College London.

Mereka, jelasnya, adalah blok bangunan pertama dari pembelajaran kita tentang komunikasi, hubungan, dan banyak lagi informasi sosial lainnya.

Dari sini,bayi kemudian mulai membangun pembelajaran yang jauh lebih canggih tentang seperti apa rupa wajah, membedakan individu dan ekspresi wajah. Tetapi Anda perlu berorientasi pada itu, sejak awal, sehingga Anda mendapatkan informasi yang tepat. "

Dampak negatif lockdown terhadap balita dan anak usia sekolah sudah banyak dibicarakan. Penelitian oleh Education Endowment Foundation awal 2021 menunjukkan bahwa semakin banyak anak usia empat dan lima tahun yang membutuhkan bantuan bahasa.

Baca Juga: Tips-tips Baby Talk untuk Perkembangan Otak Bayi, Aktivitas Seru Untuk Membentuk Anak Cerdas

Baca Juga: Gelar Lomba Berhadiah Hingga Upacara Bendera, KG Media Gelar Festival 17-an se-Indonesia

Kurangnya kontak dengan kakek-nenek dan teman-teman, dan pemakaian penutup wajah di depan umum telah membuat anak-anak kurang terekspos pada percakapan dan pengalaman sehari-hari.