Find Us On Social Media :

Peneliti di Inggris Kembangkan Tes PCR yang Lebih Murah dan Cepat

Ilmuwan di Inggris sedang mengembangkan tes PCR yang lebih murah dan cepat.

GridHEALTH.id - Karena pandemi tampaknya belum akan segera berakhir, para peneliti telah mengembangkan tes Covid-19 yang lebih murah dan lebih cepat.

Kemajuan penelitian ini muncul dari para ilmuwan di University of Birmingham,  di tengah kontroversi yang sedang berlangsung tentang biaya tes yang diperlukan untuk pelancong yang datang ke Inggris dan negara-negara Eropa lainnya.

Tes PCR di Inggris biasanya berharga sekitar 65 pound Inggris (sekitar 1 juta Rupiah) tetapi beberapa klinik swasta mengenakan biaya sekitar 200 (setara hampir 4 juta Rupiah). Harga serupa telah dilaporkan di negara-negara zona euro.

Sekretaris Kesehatan Eropa Sajid Javid telah mengakui bahwa biaya pengujian PCR dapat menjadi penghalang bagi orang yang ingin bepergian. Javid juga mengatakan konsumen dan keluarga perlu dilindungi dari praktik eksploitatif.

Tinjauan internal tentang harga dan standar layanan dari penyedia tes akan diumumkan pada akhir pekan. 

Para peneliti di University of Birmingham mengatakan mereka telah mengembangkan tes yang sensitif seperti tes PCR tetapi dapat memberikan hasil hanya dalam beberapa menit tanpa memerlukan laboratorium.

Baca Juga: BUMN Kimia Farma Resmi Turunkan Harga Tes PCR Covid-19, Sekarang Jadi 500 Ribu Rupiah

Baca Juga: Pengobatan Rumahan, Masker Wajah Buatan Sendiri Cocok Untuk Pria

Produk ini diklaim akan sangat cocok untuk dipakai di bandara dan dapat diluncurkan dalam tiga hingga enam bulan dengan dukungan komersial.