Find Us On Social Media :

3 Tips Pola Makan Pada Lansia dengan Diabetes, Tetap Boleh Makan Enak!

Lansia dengan diabetes tetap bisa makan enak asalkan memerhatikan takaran dan jenis makanan.

GridHEALTH.id Banyak lanjut usia atau lansia telah menikmati makanan favorit yang sama selama beberapa dekade, dan pastinya sulit untuk menghentikan kebiasaan makan seumur hidup bila divonis menyandang diabetes yang harus membatasi makanan.

“Kiat nomor satu saya adalah memulai dari yang kecil,” kata Sara Casey, ahli diet terdaftar dan direktur nutrisi untuk layanan makan di Brookdale Senior Living, di Seattle, Amerika Serikat.

“Mencoba merombak kebiasaan makan dalam semalam kemungkinan tidak akan berkelanjutan dalam jangka panjang.”

Menurut American Diabetes Association (ADA), pola makan pada lansia dengan diabetes sebenarnya bisa tetap enak dan sehat, selama lansia memasukkan banyak sayuran non-tepung dan membatasi gula tambahan dan karbohidrat olahan.

Makanan utuh yang tidak diproses selalu merupakan pilihan yang sehat, tetapi manula dengan diabetes memiliki banyak pilihan untuk makanan dan camilan yang lezat dan bergizi.

Casey menyarankan untuk mengurangi kebiasaan makan sehat untuk nutrisi lansia dengan tips ini:

Baca Juga: Penyandang Diabetes Ternyata Boleh Makan Enak Asalkan Menjaga Porsi

Baca Juga: Ini Gejala dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih Selama Kehamilan Yang Perlu Diketahui

1.  Mulailah dengan satu atau dua perubahan spesifik dalam seminggu

Lebih mudah untuk menerapkan beberapa perubahan pada satu waktu, dan berhasil dengan itu dapat membangun kepercayaan diri untuk menambahkan perubahan tambahan di kemudian hari.