Find Us On Social Media :

Menkes Prediksi Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Epidemi selama 5-10 Tahun , Pemerintah Siapkan 5 Penanganan Jangka Panjang

Menkes, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 bisa berubah menjadi epidemi

GridHEALTH.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kembali memberikan kabar terkait penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2022 pada Senin (16/8/2021), Budi menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 dapat berubah menjadi penyakit epidemi di Indonesia.

Baca Juga: Ahli Sebut Virus Corona Bakal Bertahan di Indonesia sampai 5 Tahun: 'Pandemi Ini Masih Panjang', Akan Kasus Flu Spanyol Terulang?

"Mungkin akan berubah menjadi epidemi dan kita masih hidup dengan mereka (virus corona) selama bisa 5 tahun, bisa 10 tahun bisa juga lebih lama dari itu," kata Budi, dikutip dari Kompas.com.

Berdasarkan laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), epidemi terjadi ketika suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai memengaruhi populasi penduduk di wilayah atau negara tersebut. 

Baca Juga: Membuktikan Informasi Vaksin Covid-19 Membuat Orang Meninggal adalah Hoaks

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 ini kemungkinan besar akan menjadi sebuah endemi di dunia.