Find Us On Social Media :

Harga Tes PCR Belum Turun Sepenuhnya, Ada Tambahan Biaya Hasil Keluar Lebih Cepat hingga Biaya Konsultasi Dokter

Alasan harga tes PCR belum turun sepenuhnya, di antaranya ada biaya untuk yang ingin hasilnya lebih cepat.

GridHEALTH.id -  Meski pemerintah telah menetapkan penurunan harga tes PCR Rp 459 ribu untuk Jawa-Bali, namun pada kenyataannya masih banyak laboratorium yang memasang harga di atas itu.

Beberapa laboratorium tercatat masih menggunakan harga tes PCR yang lebih mahal lantaran dikarenakan keluarnya hasil PCR yang lebih cepat.

Baca Juga: Sudah Hari Kedua, Harga Tes PCR Belum Turun Sepenuhnya di Beberapa Tempat, Kemenkes Sebutkan Sanksi bagi Pelanggar

Seperti hasil penulusuran tim GridHEALTH.id, laboratorium Cito telah menerapkan harga tes PCR sesuai dengan instruksi pemerintah, yaitu Rp 495.00 dengan hasil jadi 24 jam setelah pemeriksaan.

Sementara itu, bagi yang ingin mendapat hasil tes PCR lebih cepat, harus membayar lebih dari tarif batas atas yang sudah ditetapkan pemerintah dan hanya bisa dilakukan di laboratorium Cito cabang tertentu.

Baca Juga: Jangan Asal Ikut-ikutan Tingkatkan Imunitas dengan Suplemen Vitamin, Herbal Sekalipun Berbahaya

"Swab PCR sameday Rp 650.000 (hasil jadi +/- 12 jam setelah pemeriksaan)," tulis dalam keterangan di unggahan Instagram Story @labcito, Rabu (18/8/2021).

Tak hanya itu, laboratorium lain juga menyatakan bahwa adanya biaya konsultasi dokter membuat harga tes PCR tampak tidak sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021.