Find Us On Social Media :

Diare yang Tidak Tertangani Pada Lansia Bisa Sebabkan Alzheimer

Lansia yang muntah dan diare bisa mengalami dehidrasi.

GridHEALTH.id - Diare adalah ketika seseorang memiliki tiga atau lebih tinja yang tidak berbentuk atau berair dalam periode 24 jam. Ini sering dialami orang tua dan bila tidak tertangani dapat berisiko munculnya alzheimer.

Jika lansia kita diare, beri mereka banyak cairan untuk diminum. Jika mereka dapat menahan cairan, beri mereka minuman olahraga, jus, atau soda tanpa kafein, bahkan jika mereka tidak merasa haus.

Minum air saja tidak disarankan karena tidak mengembalikan natrium dan kalium yang ditarik diare dari tubuh mereka. Hindari cairan dengan kafein atau alkohol, seperti kopi, soda, anggur, atau bir.

Lansia yang muntah dan diare bisa mengalami dehidrasi. Kita bisa memberi mereka makanan dan minuman dalam jumlah kecil, seperti satu atau dua sendok makan setiap 15 menit.

Tetapi jika mereka terus diare selama lebih dari 48 jam, hubungi dokter. Orang yang kita cintai mungkin membutuhkan cairan infus.

Tawarkan mereka makanan rendah serat dan mudah dicerna seperti biskuit asin, roti panggang, telur, ayam, yoghurt, atau nasi.

Baca Juga: Beser dan Ngompol Pada Lansia Dapat Disembuhkan Tanpa Obat-obatan

Baca Juga: Penyandang Penyakit Infeksi HIV/AIDS Dua Kali Lebih Berisiko Terkena Gangguan Jantung

Diare adalah cara tubuh menghilangkan infeksi bakteri atau virus. Jika kita memberikan obat untuk menghentikannya, infeksi akan bertahan lebih lama di dalam tubuh menyebabkan lebih banyak rasa sakit.