Find Us On Social Media :

River Blindness, Kebutaan yang Disebabkan Parasit, Muncul di Negara Tropis

River blindness adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing filaria Onchocerca volvulus yang bisa sebabkan kebutaan.

GridHEALTH.id - Onchocerciasis – atau “river blindness” – adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing filaria Onchocerca volvulus yang ditularkan melalui gigitan berulang dari lalat hitam yang terinfeksi (Simulium spp.).

Lalat hitam ini berkembang biak di sepanjang sungai dan aliran sungai yang berarus deras, dekat dengan desa-desa terpencil yang terletak di dekat tanah subur di mana orang bergantung pada pertanian.

Di dalam tubuh manusia, cacing dewasa menghasilkan larva embrio (mikrofilaria) yang bermigrasi ke kulit, mata, dan organ lainnya.

Ketika lalat hitam betina menggigit orang yang terinfeksi selama makan darah, ia juga menelan mikrofilaria yang berkembang lebih lanjut dalam lalat hitam dan kemudian ditularkan ke inang manusia berikutnya selama gigitan berikutnya.

Onchocerciasis adalah penyakit mata dan kulit. Gejala disebabkan oleh mikrofilaria, yang bergerak di sekitar tubuh manusia di jaringan subkutan dan menyebabkan respons inflamasi yang intens ketika mereka mati.

Orang yang terinfeksi mungkin menunjukkan gejala seperti gatal parah dan berbagai perubahan kulit.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Infeksi Leishmaniasis yang Membunuh 100 Ribu Orang Setiap Tahun, Menyebar Lewat Lalat Pasir

Baca Juga: Ramai TikTok Challenge Membekukan Madu Serasa Makan Permen, Ini Dampaknya Pada Kadar Gula Darah dan Pencernaan Kata Ahli

Beberapa orang yang terinfeksi mengembangkan lesi mata yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan permanen. Dalam kebanyakan kasus, nodul di bawah kulit terbentuk di sekitar cacing dewasa.