Find Us On Social Media :

Terungkap, Rahasia Kekebalan Anak-anak Terhadap Infeksi Covid-19

Sistem kekebalan anak tampaknya lebih siap menghadapi serangan virus corona daripada orang dewasa.

GridHEALTH.id - Sejak kemunculan virus corona penyebab Covid-19 hampir 2 tahun silam, ditemukan cukup bukti bahwa anak-anak kebanyakan terkena infeksi virus corona ringan.

Tapi sampai sekarang masih menimbulkan tanda tanya mengapa hal ini terjadi.

Para ilmuwan dan ahli kesehatan anak dari berbagai belahan dunia akhirnya menyimpulkan, sistem kekebalan anak tampaknya lebih siap menghadapi serangan virus corona daripada orang dewasa berkat sel-sel saluran pernapasan bagian atas mereka yang selalu siaga tinggi seperti pasukan pembasmi virus yang selalu berjaga.

Para peneliti menemukan bahwa jika terjadi infeksi, anak-anak dapat dengan cepat melawan virus sebelum berkembang biak secara besar-besaran.

Ini mungkin juga menjelaskan mengapa anak-anak jauh lebih kecil kemungkinannya dibandingkan orang dewasa untuk sakit parah akibat Covid-19, seperti yang dilaporkan para peneliti dari Universitas Berlin dan Heidelberg dalam jurnal ilmiah Nature Biotechnology pada bulan Agustus 2021.

Para penulis mengatakan temuan itu dapat membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut mengenai apakah para ilmuwan dapat secara preemtif merangsang tanggapan protektif pada pasien yang berisiko untuk menawarkan tingkat perlindungan yang sama kepada anak-anak ketika terpapar virus.

Baca Juga: Gejala Covid-19 pada Anak, Orangtua Wajib Tahu, Jangan Sampai Lengah

Baca Juga: Tanda Ulkus Diabetetikum, Luka Akibat Tingginya Kadar Gula Darah

“Kami ingin memahami mengapa pertahanan virus tampaknya bekerja jauh lebih baik pada anak-anak daripada orang dewasa,” jelas Irina Lehmann, kepala kelompok Epidemiologi Molekuler di Institut Kesehatan Berlin (BIH) di rumah sakit Charite Berlin.