Find Us On Social Media :

Manfaat Vitamin D, Bantu Pernapasan pada Penderita Tuberkulosis (TBC)

Mendapat cukup vitamin D, di antaranya dari sinar matahari membantu penderita TBC bernapas lebih baik.

GridHEALTH.id - Mempertahankan kadar vitamin D yang cukup dapat membantu orang bernapas lebih baik dan bahkan dapat melindungi dari tuberkulosis (TB), menurut sebuah penelitian baru-baru ini yang diterima untuk dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism (JCEM). 

Penelitian terhadap lebih dari 10.000 orang dewasa Korea menemukan bahwa fungsi paru-paru meningkat ketika orang telah menyerap lebih banyak vitamin D ke dalam tubuh mereka.

Vitamin D diserap terutama melalui sinar matahari, dengan diet sehat sebagai sumber sekunder.

Tanpa vitamin D yang cukup untuk membantu penyerapan kalsium, anak-anak dan orang dewasa tidak dapat mengembangkan kondisi tulang dan otot yang sehat.

Studi ini meningkatkan pemahaman para ilmuwan tentang bagaimana vitamin D dapat meningkatkan fungsi paru-paru serta kesehatan tulang.

Baca Juga: Bukan Hanya Paru-paru, TBC Ternyata Juga Bisa Menginfeksi Mata

Baca Juga: Penyandang Diabetes Harus Menghindari Buah Manis? Ini Jawaban Dokter

"Penelitian ini mengidentifikasi hubungan yang jelas antara fungsi paru-paru dan kadar vitamin D dalam darah," kata penulis utama studi tersebut, Chan-Jin Choi, MD, PhD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Korea. "Hubungannya tetap ada, terlepas dari usia, jenis kelamin, berat badan, atau gaya hidup."