Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Paru-paru, TBC Ternyata Juga Bisa Menginfeksi Mata

Infeksi oleh virus Mycobacterium tuberculosis atau penyebab TBC dapat menyerang mata .

GridHEALTH.id - Ketika batuk berulang-ulang datang, paru-paru tersedak dan keluar darah, hal yang terpikirkan pertama kali adalah munculnya penyakit tuberkulosis (TB).

Namun tahukah, TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang mata.

Menurut American Academy of Ophthalmology, dokter di seluruh dunia dan  peneliti melihat peningkatan tajam pada TB mata dengan sejumlah besar pasien yang mengunjungi rumah sakit dengan penglihatan kabur dan sensitivitas cahaya.

Sakit kepala, berkedip,bengkak dan kemerahan di mata adalah gejala lain dari TB okular, meskipun, pada beberapa pasien, TB okular tidak menunjukkan gejala pada awalnya.

Sesungguhnya, infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, yakni tuberkulosis dapat menyebabkan penyakit di berbagai organ di seluruh tubuh seperti mata.

Infeksi dapat berdampak buruk pada setiap bagian mata intraokular, superfisial atau di sekitar mata, kata penelitian yang dilakukan pada hal yang sama.

Baca Juga: Perawatan Mata Diabetes Untuk Menghindari Komplikasi Berujung Kebutaan

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Berdampak Pada Menurunnya Angka Infeksi Menular Seksual (IMS), Studi

TB okular sekunder didefinisikan sebagai keterlibatan okular karena penyemaian oleh penyebaran hematogen dari tempat yang jauh atau invasi langsung oleh penyebaran yang berdekatan dari struktur yang berdekatan seperti sinus atau rongga tengkorak, jelas American Academy of Ophthalmology.