Find Us On Social Media :

Kekebalan Alami Penyintas Covid-19 Versus Kekebalan dari Vaksin Covid-19, Mana Lebih Ampuh Melindungi?

Mereka yang sembuh dari Covid-19 mendapat kekebalan alami dalam melawan virus corona.

GridHEALTH.id - virus corona adalah penyakit yang sangat menular dan satu-satunya cara untuk memastikan keamanan terhadapnya adalah dengan membangun tingkat kekebalan tertentu.

Program vaksinasi Covid-19 yang tujuannya untuk membangun sistem kekebalan tubuh tengah berlangsung di seluruh dunia.

Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa kekebalan terhadap Covid-19 juga dapat dicapai melalui infeksi alami, yang dikatakan lebih kuat dan efektif.

Namun, ini tidak berarti kekebalan alami berlangsung seumur hidup. Mengingat munculnya varian baru, kemungkinan infeksi ulang tidak dapat diabaikan, itulah sebabnya mengapa memvaksinasi diri tetap penting.

Mereka yang penyintas Covid-19 terus bertanya, kekebalan tubuh yang dibangun pasca sembuh dari Covid-19 akan bertahan berapa lama?

Jika kita adalah seseorang yang sebelumnya telah terinfeksi virus SARs-COV-2,kita tentu dapat berharap untuk mengembangkan tingkat kekebalan tertentu terhadap virus mematikan tersebut.

Baca Juga: Terungkap, Rahasia Kekebalan Anak-anak Terhadap Infeksi Covid-19

Baca Juga: Pembatasan Usia Penerima, Cara Inggris Menghapus Polemik Efek Samping Pembekuan Darah Vaksin Covid-19 AztraZeneca

Saat kita terinfeksi, sistem kekebalan tubuh mengenali virus dan merespons untuk memerangi patogen mematikan, yang menyebabkan kemungkinan peradangan, yang kemudian menyebar ke bagian lain dari tubuh.