Find Us On Social Media :

Banyak yang Bingung Beda Gejala Selesma dan Flu, Ini Penjelasannya

Perbedaan influenza dan selesma sukar dikenali tetapi dampak influenza bisa sampai mematikan.

GridHEALTH.id - Sedang merasa tidak enak badan, lalu berobat ke dokter. Tapi sebenarnya masih bingung, sebenarnya sakit selesma atau flu? Lalu, apa beda selesma dan flu?

Selesma dan flu sering terjadi saat musim dingin atau pancaroba. Flu dan selesma keduanya penyakit pernapasan tetapi disebabkan oleh virus yang berbeda.

Memang memiliki gejala yang mirip, dan sulit membedakan bila hanya berdasarkan gejala saja. Nah, berikut ini beberapa fakta yang mungkin membedakan antara selesma dan flu, dilansir darin Infection Control Today;

Fakta 1

- Selesma biasanya disebabkan oleh lebih dari 200 virus yang berbeda, termasuk coronavirus, rhinovirus, metapneumovirus, enterovirus, dan parainfluenza. Cukup sulit untuk menemukan obat selesma.

- Flu disebabkan hanya oleh satu virus: influenza (meskipun ada berbagai mutasi influenza).

Fakta 2

- Selesma biasanya lebih ringan daripada flu. Hanya sedikit pilek, dan sakit tenggorokan

Baca Juga: Vaksin Influenza di Indonesia Masih Rendah, Tiap Tahun 290.000 Hingga 650.000 Kematian Terjadi Karena Penyakit Mudah Menular Ini

Baca Juga: Hati-hati, Kurang Air Minum Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal Kronis

- Secara umum, flu lebih parah daripada selesma, dan gejala seperti demam, nyeri tubuh, kelelahan ekstrem, dan batuk kering lebih umum serta intens.