Find Us On Social Media :

Bappenas; Covid-19 Terkendali Bulan Ini, Sebut 4 Vaksin Efikasi Tinggi, Sinovac tak Termasuk?

Sinovac tak disebut Bappenas sebagai vaksin dengan efikasi tinggi, yang saat ini dibutuhkan Indonesia dalam mengendalikan Covid-19 di bulan ini.

GridHEALTH.id - Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, pandemi Covid-19 baru bisa terkendali pada September 2021 ini.

Hal itu berdasar perhitungan pengendalian wabah pandemi Covid-19 ini sejak April 2020. Di mana jika wabah bisa menurun, maka angka reproduksi efektif (Rt) harus bisa dikendalikan.

Nah, saat ini, angka (Rt) di Indonesia masih berada pada angka 1,2. Agar wabah bisa dikendalikan, maka angka (Rt) Indonesia harus menyentuh 0,9.

Jika angka (Rt) Indonesia menyentuh 0,9, maka penularan kasus baru bisa dikendalikan. Kondisi itu kemungkinan terjadi pada September tahun ini.

Penting diingat, dalam rangka untuk mengendalikan wabah pada September 2021, melansir CNBC Indonesia (9/2/2021), ada beberapa asumsi dan parameter yang harus diperhatikan, terutama dalam melakukan vaksinasi.

Parameternya dari vaksin misalnya, efektivitas vaksin harus mencapai 65%, dengan dua dosis suntikan dengan jeda 14 hari, dan efek perlindungan optimal tercapai 14 hari setelah vaksin kedua.

Baca Juga: Secretome Dari Tali Pusat Manusia Booster Vaksin Sinovac yang Digunakan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Ini Manfaatnya