Find Us On Social Media :

Selesma Penyakit Umum di Kalangan Anak dan Dewasa, Tapi Segera ke Dokter Jika Rasakan Hal Ini

Meskipun termasuk penyakit yang umum, pilek dan flu dapat memperburuk kondisi lain, termasuk kondisi seperti asma atau diabetes.

GridHEALTH.id - Selesma, dalam bahasa populer kesehatan sering disebut dengan cold. Orang awan sering menyebutnya pilek.

Pilek adalah infeksi virus yang mempengaruhi hidung, tenggorokan dan saluran udara bagian atas, dan gejala umum termasuk batuk, demam, sakit tenggorokan, bersin, hidung tersumbat atau berair dan kemacetan umum.

Pilek sangat umum. Anak-anak mungkin terkena antara 5 dan 10 pilek setahun, sementara orang dewasa bisa terkena 2 sampai 4 pilek setiap tahun.

Apa saja gejala pilek? Gejala pilek bisa ringan atau cukup parah. Gejala pilek mungkin termasuk demam (suhu 38°C atau lebih tinggi), bersin-bersin, hidung tersumbat atau meler, batuk dan sakit tenggorokan

Meskipun termasuk penyakit yang umum, pilek dan flu dapat memperburuk kondisi lain, termasuk kondisi seperti asma atau diabetes.

Lebih dari 200 jenis virus dapat menyebabkan pilek. Mereka yang paling bertanggung jawab termasuk dalam 1 dari 2 kelompok rhonavirus dan virus corona.

Baca Juga: Anak Alami Batuk Pilek Boleh Dapat Vaksin saat Imunisasi Dasar, Benarkah?

Baca Juga: Waspadai Gejala Kanker Renal Cell Carsinoma, Kanker Ginjal Paling Umum

Virus yang menyebabkan pilek mempengaruhi lapisan hidung dan tenggorokan yang menyebabkan gejala seperti sakit tenggorokan, pilek dan bersin.