Find Us On Social Media :

Survei WHO, Banyak Tenaga Kesehatan Alami Stres Pascatrauma Usai Rawat Pasien Covid-19

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 6 September 2021 | 12:05 WIB

Survei yang didanai WHO menemukan banyak terjadi gangguan stres pascatrauma pada tenaga kesehatan selama merawat pasien Covid-19.

GridHEALTH.id - Pemerintahan Turki mendapat bantuan dari WHO untuk mengadakan penelitian tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan yang bertugas merawat pasien yang terinfeksi virus corona.

Untuk diketahui, Turki termasuk negara di dunia dengan jumlah pasien terbanyak yang terinfeksi Covid-19.

Penelitian dipimpin oleh Dr. Hüseyin Bayazıt dan peneliti lain di psikiatri Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas Tech di Houston, Amerika Serikat yang melakukan survei di Turki.

Hasilnya, terjadi gangguan stres pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD) sebesar 49,5% di antara nondokter dan 36% untuk dokter selama pandemi.

Mereka mensurvei 1.833 pekerja kesehatan Turki pada periode musim gugur 2020-2021 lalu dan hasilnya dipresentasikan pada Mei 2021 pada pertemuan American Psychiatric Association (AMA).

Tidak hanya di Turki, menurut AMA, petugas kesehatan telah melaporkan gejala gangguan PTSD di seluruh dunia.

Baca Juga: Lebih 1,5 Juta Anak Kehilangan Orangtua Selama Pandemi Covid-19 Menurut Studi Lancet, Bisa Timbulkan Trauma Pada Anak

Baca Juga: Waspadai Gejala Kanker Renal Cell Carsinoma, Kanker Ginjal Paling Umum

Contohnya perawat Chris Prott yang bekerja di unit perawatan intensif (ICU) selama pandemi juga telah menunjukkan gejala.