Find Us On Social Media :

Ajinomoto Berikan Tips Hindari Penyakit Kronis dengan Pola Makan Bergizi Seimbang

Penyakit-penyakit kronis dapat diminimalisasi hingga 80 persen dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

GridHEALTH.Id – Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, menerapkan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan menjaga pola makan sangat penting untuk dilakukan.

Selain berusaha menjauhkan diri dari paparan virus corona, pola makan sehat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Misalnya, diabetes, stroke, hipertensi, dan penyakit jantung.

Sebagai informasi, seiring dengan semakin modernnya kehidupan, jumlah penderita penyakit kronis tidak menular pun cukup tinggi. Tidak hanya itu, penyakit tersebut memiliki risiko kematian.

Berdasarkan data dari organisasi kesehatan dunia (WHO) pada 2018, diperkirakan ada sekitar 41 juta orang yang meninggal akibat penyakit tidak menular setiap tahunnya. Data tersebut juga menunjukkan, 7 dari 10 kematian di dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Khusus Perawatan Luka di Kaki Untuk Penyandang Diabetes

Sementara, di Indonesia, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), diperkirakan sedikitnya ada 1,4 juta orang meninggal setiap tahunnya.

Selain memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi, penyakit kronis tidak tidak menular juga dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang saat terpapar virus corona.

Kabar baiknya, risiko menderita penyakit-penyakit kronis dapat diminimalisasi hingga 80 persen dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Guru Besar bidang Keamanan dan Gizi Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS menyebut bahwa healthy diet dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis tidak menular.

Baca Juga: Survei WHO, Banyak Tenaga Kesehatan Alami Stres Pascatrauma Usai Rawat Pasien Covid-19

“Hal yang esensial dari healthy diet adalah mengonsumsi beragam makanan serta mengonsumsi lebih sedikit garam, gula, dan lemak trans,” ujar Prof. Ahmad dalam pemaparannya di Webinar Ajinomoto (Sabtu, 28/8).

Untuk bisa menerapkan healthy diet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni makan dengan kuantitas cukup, aman, beragam, dan bergizi seimbang.