Find Us On Social Media :

Terungkap, Inilah Kenapa Diabetes Disebut Penyakit Kencing Manis

Istilah kencing manis sering digunakan masyarakat Indonesia untuk menyebut penyakit diabetes.

GridHEALTH.id - Istilah kencing manis sering digunakan untuk menyebut peyakit diabetes. Alhasil muncul pertanyaan, apakah benar kencing penyandang diabetes memang terasa manis?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, diketahui bahwa diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa (gula darah) dalam tubuh terlalu tinggi.

Dijelaskan pada laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, bahwa glukosa adalah sumber energi tubuh manusia dan berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Sementara insulin, yakni hormon yang dibuat oleh pankreas dalam tubuh, berfungsi membantu glukosa dari makanan tersebut masuk ke sel untuk digunakan sebagai energi.

Pada kasus penyandang diabetes, insulin pada tubuh mereka tidak berfungsi dengan baik atau tubuh mereka sama sekali tidak menghasilkan hormon penting tersebut.

Akibatnya glukosa pun tidak masuk ke dalam sel dan justru berada di dalam darah sehingga menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh jadi tinggi.

Seiring waktu, glukosa yang tinggi dalam darah penyadang diabetes dapat menyebabkan komplikasi yang bisa berakibat fatal.

Kembali lagi pada istilah kencing manis, rupanya gula darah yang tinggi akibat diabetes memang bisa membuat urine terasa manis.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan, Diabetes Gestasional Bisa Sebabkan Komplikasi pada Bayi