Find Us On Social Media :

Mengobati Campak Jerman, Penyakit Menular Akibat Infeksi Virus

Gejala ringan campak Jerman dapat dikelola dengan istirahat di tempat tidur dan obat-obatan untuk demam.

GridHEALTH.id - Rubella atau campak Jerman atau German measles adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus.

Kebanyakan orang yang terkena Rubella biasanya memiliki penyakit ringan, dengan gejala yang dapat berupa demam ringan, sakit tenggorokan, dan ruam yang dimulai di wajah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Tetapi Rubella dapat menyebabkan keguguran atau cacat lahir yang serius pada bayi yang sedang berkembang jika seorang wanita terinfeksi saat dia hamil.

Perlindungan terbaik terhadap Rubella adalah vaksin MMR (measles-mumps-rubella).  Ini melindungi terhadap tiga penyakit: campak, gondok, dan rubella.

Vaksin MR merupakan pengganti vaksin MMR yang kini sudah tidak tersedia di fasilitas kesehatan masyarakat.

Program vaksin MR menjadi prioritas pemerintah Indonesia sebagai wujud upaya pengendalian penyakit menular campak dan Rubella.

Baca Juga: Mengenal Gejala Campak Jerman, Penyakit Menular Akibat Virus

Baca Juga: Terapi Plasma Konvalesen Berpotensi Berbahaya Bagi Pasien Covid-19, Bisa Sebabkan Cedera Akut Paru Anak yang telah mendapat imunisasi vaksin MMR masih perlu mendapat vaksin MR untuk memastikan kekebalan penuh terhadap penyakit campak dan Rubella. Vaksin MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun.