Find Us On Social Media :

Juvenile Diabetes, Langka Terjadi Pada Remaja Akibat Keturunan

Diabetes juvenil terjadi pada anak-anak dan dewasa muda. Penyebabnya adalah gen atau keturunan.

GridHEALTH.id - Diabetes remaja atau juvenila diabetes adalah bentuk diabetes langka yang ditandai dengan kegagalan pankreas untuk memproduksi insulin karena kelainan pada sistem kekebalan tubuh. Diperkirakan hanya 5% pasien diabetes yang memiliki bentuk spesifik ini.Insulin adalah hormon yang digunakan tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi, yang dibutuhkan sel untuk tetap sehat.

Pankreas bertugas untuk memproduksi insulin. Namun, dalam kasus diabetes remaja, sistem kekebalan menyerang sel-sel di pankreas, mencegahnya menyelesaikan tugasnya. Tanpa insulin, kadar gula darah naik, menyebabkan berbagai macam komplikasi, seperti kerusakan organ lain.Diabetes juvenil disebut demikian karena biasanya dimulai pada anak-anak dan dewasa muda, tetapi gangguan ini dapat menyerang siapa saja dari segala usia.

Anak-anak dengan penyakit ini dapat hidup normal dengan perawatan dan pengobatan yang tepat. Namun, perawatan untuk kondisi ini seringkali merupakan tindakan penyeimbangan yang berbahaya.Penyebab KondisiIlmuwan, peneliti, dan dokter mengetahui bahwa diabetes remaja disebabkan oleh kelainan pada sistem kekebalan tubuh.

Namun, mereka belum menetapkan alasan mengapa sistem kekebalan menyerang pankreas. Kemungkinannya adalah adanya bakteri atau virus berbahaya dan struktur genetik seseorang.

Baca Juga: MODY, Bentuk Diabetes Langka di Kalangan Remaja, Ini Gejalanya

Baca Juga: 4 Tahapan Gejala Herpes, Penyakit Berisiko Pada Imunitas Tubuh LemahPenting untuk menyadari perbedaan antara diabetes tipe 1 (diabetes remaja) dan diabetes tipe 2.