Find Us On Social Media :

MODY, Bentuk Diabetes Langka di Kalangan Remaja, Ini Gejalanya

MODY (Maturity Onset Diabetes of the Young) banyak disandang remaja dan orang dewasa muda.

 

GridHEALTH.id - Hingga 14 Mei 2020, International Diabetes Federation (IDF) melaporkan 463 juta orang di dunia menyandang diabetes dengan prevalensi global mencapai 9,3 %.

Angka ini mengkhawatirkan, dan yang lebih memprihatinkan adalah fakta bahwa anak-anak dan remaja juga bisa menjadi penyandang. Bahkan yang berusia balita.

Di antara dua jenis diabetes, tipe 1 dan tipe 2, yang terakhir adalah yang lebih umum. Jika tidak diperhatikan dan ditangani tepat waktu, kondisi tersebut dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang yang berhubungan dengan jantung, mata, ginjal, dan otak.

Salah satu subtipe diabetes tipe 2 disebut MODY (Maturity Onset Diabetes of the Young). Diabetes jenis ini merupakan akibat mutasi atau perubahan gen tunggal, dan lebih banyak disandang remaja.

Ini menyumbang 1 hingga 4% dari total kasus diabetes. Penyakit langka ini seringkali diturunkan dari salah satu atau kedua orangtuanya atau kadang secara spontan, bukan oleh salah satu orang tuanya.

Untuk yang tidak berversi, mutasi adalah kelainan atau cacat pada materi genetik, yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya, yang dapat mempengaruhi fungsi normal gen, mengakibatkan berkurangnya produksi hormon dan peptida, yang penting untuk menopang fungsi tubuh bertumbuh-kembang secara normal.

 Baca Juga: Mengenal Pemanis Buatan, Pengganti Gula yang Tetap Perlu Dibatasi

Baca Juga: Hari Ginjal Sedunia, Tips dan Trik Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Dalam MODY, mutasi mengakibatkan penurunan produksi insulin, yang menyebabkan gen tidak berfungsi dengan baik. Insulin adalah hormon yang dibutuhkan untuk mengendalikan kadar gula darah.