Find Us On Social Media :

FDA Tegaskan Cegah Covid-19 Bukan Dengan Ivermectin, Obat Ini Tidak Selalu Untuk Manusia

Ivermectin bukan untuk mengobati penyakit Infeksi Covid-19.

GridHEALTH.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menegaskan bahwa obat ivermectin tidak disarankan untuk digunakan mencegah Covid-19.

Para ahli di sana menyarankan agar para dokter memberikan beberapa informasi penting kepada pasien, jika mereka tetap meresepkan obat tersebut. 

Seperti yang disampaikan Ahli Penyakit Menular sekaligus Direktur Kantor Penyakit Menular Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS), Dr. John Farley.

"Jika mereka terinfeksi dan memenuhi syarat untuk antibodi monoklonal, maka harus dirawat," ujarnya, di Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat.

Pada laman ama-assn.org, Selasa (21/9/2021), disebutkan bahwa FDA belum menyetujui atau mengesahkan obat ivermectin untuk Covid-19.

Lembaga federal lainnya juga telah memperingatkan penggunaannya dalam upaya pencegahan dan pengobatan virus tersebut.

Dalam sebuah episode 'AMA Covid-19 Update', Dr. Farley membahas masalah keamanan obat ini, potensi efek sampingnya, dan peran penting dokter dalam membimbing mereka yang tidak atau belum divaksinasi untuk mendapatkan pilihan alternatif yang lebih baik.

Perlu diketahui Asosiasi Medis Amerika (AMA) telah bergabung dengan organisasi lainnya dalam menentang pemesanan, peresepan atau pengeluaran ivermectin untuk pemanfaatannya dalam mencegah atau mengobati Covid-19 di luar uji klinis.

Baca Juga: BPOM Sejak Juni 2021 Ingatkan Bahaya Ivermectin, Sama dengan Peringatan CDC 8 Agutus 2021, Bisa Sebabkan Penyakit Parah