Find Us On Social Media :

7 Tanda Komplikasi Diabetes Menyerang Saraf, Di antaranya Kesemutan

Kesemutan, salah satu komplikasi diabetes yang perlu diwaspadai.

GridHEALTH.id -Jika kita menyandang diabetes dan sering mengalami kesemutan, sensasi terbakar di tangan atau kaki, inilah komplikasi diabetes yang disebut nyeri saraf diabetes atau neuropati diabetes.Nyeri saraf diabetes atau "saraf yang rusak" adalah akibat dari cedera atau penyakit. Pembatasan aliran darah ke saraf yang rusak menyebabkan rasa sakit kronis yang melemahkan.

Nyeri saraf dapat membuat kita kesakitan, bahkan saat melakukan hal-hal sederhana.Diabetes berkembang pada anak-anak dan orang dewasa biasanya sebagai akibat dari tubuh tidak memproduksi cukup insulin.

Apa itu insulin? Ini adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Tujuan insulin adalah untuk membantu sel menggunakan glukosa atau gula yang ditemukan dalam makanan untuk menghasilkan energi.Tetapi jika terlalu banyak gula dalam darah, ini bisa menyebabkan komplikasi, seperti diabetes.

Baca Juga: Senam Kaki Diabetes, Cegah Amputasi Bagi Penyandang Diabetes

Baca Juga: Siapa Saja yang Berisiko Terinfeksi Virus Hepatitis C? Ini Kata Dokter

Sering kali mempengaruhi ginjal, jantung, saraf dan mata, diabetes mempengaruhi sebanyak 29 juta orang di seluruh dunia. Selanjutnya, lebih dari 8 juta orang tidak sadar atau belum didiagnosis dengan kondisi tersebut.