Find Us On Social Media :

Penyandang Diabetes Berisiko Alami Infeksi Akibat Jamur, Ini Cara Mencegahnya

Sering gatal di vagina akibat infeksi jamur sering menjadi gejala dini diabetes.

GridHEALTH.id - Jamur hidup  secara alami hidup dalam tubuh manusia. Jamur hadir di kulit dan di dekat selaput lendir.

Jamur sebenarnya membantu menjaga bakteri tetap terkendali. Namun, jika terlalu banyak jamur yang terkumpul, kandidiasis,  lebih dikenal sebagai infeks jamur, dapat berkembang. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, termasuk rasa sakit dan gatal.

Jamur kemungkinan besar tumbuh berlebihan di area yang hangat dan lembab, termasuk mulut, area genital, kaki, dan lipatan kulit.

Bakteri, virus, dan jamur, dapat menyebabkan infeksi jika sistem kekebalan tubuh seseorang tidak dapat mengontrol kadarnya di dalam tubuh.

Penyandang diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi jamur, dan diabetes dapat membuat pengobatan infeksi ini lebih sulit.

Penting bagi mereka untuk mengenali gejala infeksi jamur dan menerima perawatan segera untuk menghindari komplikasi yang berpotensi serius.

Baca Juga: Mucormycosis, Infeksi Jamur Hitam yang Dipenuhi Mitos, Ini Faktanya

Baca Juga: Studi Covid-19 Conference di AS, Satu dari Tiga Anak Penyintas Menderita Long Covid-19

Seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi tahun 2018, yang mencakup data dari lebih dari 300.000 orang, seseorang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi, termasuk infeksi jamur, daripada orang tanpa kondisi tersebut.