Find Us On Social Media :

Ada Orang yang Secara Genetik Kebal Terhadap Covid-19, Studi

Beberapa orang secara genetik mempunyai reaksi antivirus corona.

GridHEALTH.id - Beberapa orang membawa versi gen yang berpotensi menahan virus yang menyebabkan Covid-19, sebuah penelitian menunjukkan.

Temuan ini memberikan penjelasan mengapa beberapa orang memiliki pertahanan alami yang lebih baik terhadap infeksi Sars-CoV-2 yang serius, kata para ilmuwan.

Para ilmuwan mengatakan ada reaksi antivirus lebih baik pada orang yang memiliki versi gen OAS1 "prenilasi" yang lebih protektif, sementara yang lain memiliki versi yang gagal mendeteksi virus.

Tetapi jika varian baru belajar untuk menghindari perlindungan yang ditawarkan oleh gen terprenilasi, mereka bisa menjadi secara substansial lebih patogen dan menular pada populasi yang tidak divaksinasi, kata para ahli.

Studi yang disebut Sensor dsRNA terprenilasi melindungi terhadap Covid-19 yang parah, diterbitkan dalam jurnal Science dan merupakan hasil kerja yang dipimpin oleh Pusat Penelitian Virus MRC-University of Glasgow.

Prenilasi, perlekatan satu molekul lemak ke protein, memungkinkan OAS1 terprenilasi untuk "mencari" virus yang menyerang dan "membunyikan alarm," kata para peneliti.

Baca Juga: Covid-19 dan Kerusakan Paru-paru, Segala Fakta yang Perlu Diketahui

Baca Juga: Pengobatan Herpes Simpleks Harus Sesuai Anjuran Dokter Agar Tak Muncul Komplikasi

Studi tersebut menunjukkan bahwa pasien di rumah sakit yang mengekspresikan versi gen terprenilasi dikaitkan dengan perlindungan dari Covid-19 yang parah, menunjukkan bahwa itu adalah komponen utama dari respons antivirus pelindung. Kemungkinan besar telah memberi banyak orang perlindungan alami selama pandemi.